Tentang Kami

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Digi-Journalism adalah komunitas dan situs non-partisan yang menaruh konsern pada perkembangan jurnalisme online dan media digital di Indonesia.

Komunitas Digi-Journalism ini awalnya terbentuk dari kerja tim yang disponsori oleh Open Society, Inggris, untuk memetakan perkembangan mutakhir media digital di Indonesia pada tahun 2014. Kerjasama ini difasilitasi oleh Yayasan Tifa, Indonesia.

Dalam proses kerja pemetaan tersebut, tim ini mengidentifikasi dan menggambarkan revolusi digital yang terjadi di dunia media dan perubahan radikal melanda jagad jurnalisme Indonesia. Ketika hibrida baru jurnalisme online muncul dan genre jurnalisme ini bersentuhan dengan kepentingan publik, tim pemetaan media digital pada tahap berikutnya bermetamorfosis menjadi tim Digi-Journalism. Tim atau komunitas ini kemudian merumuskan sebuah misi spesifik: mengembangkan sebuah forum untuk mendiskusikan  isu-isu penting yang menyangkut problem profesionalisme dan etika jurnalisme online yang muncul sejalan dengan perubahan ekologi dan persaingan media di Indonesia. Isu-isu penting tersebut dibahas melalui diskusi dan riset dan kemudian hasilnya dibagi ke publik melalui situs http://digi-journalism.or.id/ .

Pada 2015, kerja tim ini kemudian diintegrasikan secara kelembagaan ke Program Studi S-2 Ilmu Komunikasi, FISIPOL, Universitas Gadjah Mada, yang menjadi pancang akademik dalam menyelenggarakan riset dan memproduksi esei dan tulisan – dengan sponsor Yayasan Tifa Indonesia.

Seiring dengan menguatnya penelitian mengenai relasi masyarakat dan teknologi digital di FISIPOL UGM, sedari awal 2016 Digi-Journalism menjadi salah satu  bagian dari Center for Digital Society (CfDS), lembaga penelitian, pengembangan, dan pengabdian terkait dengan masyarakat digital di level Fakultas.

Komunitas Digi-Journalism meyakini bahwa revolusi digital tidak mengubah misi utama jurnalisme yaitu mengabdi pada kepentingan publik dan menyampaikan berita secara berkualitas, apa pun platform penghantar berita. Oleh karena itu, pada 2016 komunitas Digi-Journalism menerbitkan buku berjudul “Kualitas Jurnalisme Publik di Media Online: Kasus Indonesia”. Penerbitan buku tersebut disponsori oleh CfDS dan Gadjah Mada University Press/ Gama Press.

 

Rubrikasi Digi-Journalism:

Secara metaforik rubrikasi adalah peralatan navigasi untuk membantu audiens ketika memasuki wilayah digi-journalism. Rubrikasi ini disusun berdasarkan kombinasi sejumlah kriteria, yakni jenis topik, mode pembahasan, serta level analisis. Rubrik-rubrik ini bersifat permanen, dan memiliki siklus pemutakhiran yang berbeda-beda.

Insight

Artikel yang termuat dalam rubrik ini muncul dalam format esei tentang jurnalisme online di berbagai belahan dunia. Dengan sendirinya, atikel-artikel yang hadir di rubrik ini selalu bersifat komparatif dengan melihat praktik jurnalisme yang terjadi di negara maju dan berkembang, di negara Barat dan Timur, atau di kawasan-kawasan tertentu.

Teroka

Artikel Teroka didasarkan pada hasil eksplorasi dan analisis terhadap praktik jurnalisme online Indonesia pada level mikro, yakni produk para jurnalis Indonesia yang berupa berita dan editorial. Jenis analisis yang disajikan bisa dalam bentuk kritik atau endorsement.

Jendela

Rubrik ini menyajikan artikel yang berupa excerpt atau ringkasan penelitian yang berkaitan dengan kecenderungan yang muncul dalam jagad jurnalisme di tingkat global, regional, dan lokal. Bersifat komparatif, artikel-artikel ini lebih menekankan pada studi yang bersifat akademis ketimbang bersifat praktis.

Kronika

Banyak peristiwa terjadi terkait perkembangan jurnalisme dan media digital di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kejadian-kejadian itu dilaporkan pada rubrik Kronika.

Kompendia

Beragam jenis regulasi formal dan etika terkait pers dan media digital diberlakukan di Indonesia dan di negara-negara lain, dan berbagai regulasi ini bisa memberikan cermin untuk melihat dan membandingkan politik regulasi di Indonesia dan negara-negara lain. Kompendia berfungsi sebagai penyedia bahan bagi upaya perbandingan tersebut, dan naskah regulasi disusun secara akumulatif.

Glosari

Rubrik itu mengumpulkan istilah-istilah kunci dalam jurnalisme dan memberikan definisinya.

Apabila Anda bermaksud memberi kritik dan masukan atas isi situs Digi-Journalism, silakan kirim kritik/saran tersebut ke journalism.digi@gmail.com