Glosari

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Akurasi berita :
ketepatan informasi dan data yang disampaikan berita dengan informasi dan data dari sumber-sumber berita

Berita langsung (straightnews) :
Berita dari lokasi (spot news); genre penulisan berita dengan menyampaikan secara lugas fakta-fakta yang ada tanpa adanya analisis maupun pernyataan pribadi wartawan.

Berita ringan (soft news) :
Artikel berita berisi kisah-kisah yang menarik dan baru yang tidak banyak atau bahkan tidak ada dampak material kepada kehidupan orang banyak. Berita ringan terfokus pada individu-individu menarik daripada peristiwa besar atau perkembangan tertentu yang berdampak pada banyak orang.

Byline :
Nama dan posisi penulis berita, ditulis setelah judul berita dan sebelum paragraf pertama.

Continuity news :
Sebuah berita yang mengisahkan perkembangan suatu peristiwa atau isu yang sudah dipublikasikan oleh media sebelumnya.

Current news :
Laporan jurnalistik tentang suatu peristiwa atau topik yang diterbitkan pada hari di mana peristiwa atau topik itu terjadi atau terlontar.

No entry yet

No entry yet

No entry yet

No entry yet

Hyperlink (tautan) :
Kata-kata, frasa-frasa, imaji-imaji, atau teks apa pun yang kerap diberi warna berbeda dari teks lainnya yang telah dirancang sedemikian rupa agar dapat menjadi pintu masuk untuk menuju laman web lain. Ketika hyperlink dipilih, pemilihan itu mengaktivasi alamat yang diwakili hyperlink tersebut.

Hypertextuality :
Sifat web yang didasarkan pada fungsinya yaitu memungkinkan teks-teks pesan terhubung satu sama lain dalam suatu jejaring.

Independensi :
Sikap tidak dipengaruhinya kerja jurnalistik oleh kepentingan pribadi, sumber-sumber, maupun penguasa melainkan sikap keterbukaan pikiran dan keingintahuan intelektual yang membuat jurnalis dan media bekerja melampaui kepentingan dan ego individual serta kelompok tertentu.

Jurnalisme :

  • Aktivitas pengummpulan, pemrosesan, dan penyebarluasan berita dan informasi terkait berita kepada audiens.
  • Kata tersebut dapat berlaku untuk proses dan metode menyusun berita maupun gaya literer yang digunakan dalam penyebarluasannya.
  • Produk dari aktivitas jurnalisme

Jurnalisme Digital :
Pencarian data, penyusunan, dan pelaporan berita untuk digunakan di media online (Internet)

Jurnalisme online :
(lihat jurnalisme digital)

Jurnalisme interpretif :
Laporan jurnalistik yang tak semata-mata didasarkan pada fakta-fakta dasar mengenai suatu peristiwa maupun topik melaikan memberi konteks, analisis, dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensi. Jurnalis interpretif harus memiliki kedekatan khusus dan kedalaman pengetahuan mengenai suatu subyek. Kerja jurnalis interpretif mencakup mencari pola, motif, dan pengaruh-pengaruh yang menjelaskan peristiwa atau topik yang menjadi fokus.

Jurnalisme investigatif :
Laporan jurnalistik yang ditujukan untuk mengungkap korupsi, ketidakadilan, kebohongan-kebohongan, dan praktek buruk administrasi dengan dukungan sumber-sumber terbuka, dan dokumen-dokumen penunjang tanpa ada rasa takut dari jurnalis maupun media yang melaporkan. Secara ideal, jurnalisme investigatif memberi saluran untuk bersuara bagi pihak-pihak yang ditekan oleh penguasa agar informasi pihak-pihak tersebut mendapat perhatian publik.

Komponen berita :
Bagian-bagian dalam narasi berita yaitu judul utama, judul penjelas jika ada, tanggal terbit, ilustrasi jika ada, nama penulis (byline), paragraf pembuka (lead), isi (body), dan penutup (kicker).

Konteks :
Informasi-informasi yang mendahului atau mengikuti suatu teks, atau sesuatu yang secara dekat berasosiasi dengan teks, sehingga teks tersebut dapat dipahami dan memiliki makna.

Link :
Lihat entri hyperlink.

No entry yet

News Thread :
Jalinan berita yang terhubung satu sama lain karena adanya hyperlink.

Naratif, Jurnalisme :
Suatu genre laporan jurnalistik yang menggunakan teknik narasi dan strategi stilistik dalam pengisahannya.

Netralitas :

  • Keadaan tidak memihak atau menolong siapapun dalam suatu konflik atau ketidaksepahaman atau konfrontasi;
  • Imparsial

Objektivitas :
Objektivitas dalam konsep filsafat berarti keadaan atau kualitas sesuatu hal yang ‘benar’ di luar bias-bias, interpretasi, perasaan, dan imajinasi individu.

No entry yet

No entry yet

Reportase :
Tindakan dan proses mengumpulkan data dan melaporkan data untuk kepentingan jurnalistik.

Sastrawi, Jurnalisme :
Lihat entri “naratif, jurnalisme.”

Speed :
Kemampuan suatu berita untuk mencapai para pembacanya. Kemampuan itu dikonotasikan tak hanya berkaitan dengan aspek distribusi, melainkan juga produksi berita.

Sumber (source) :
Darimana suatu informasi atau data berasal, bisa dari individu-individu ataupun institusi-institusi berupa, baik dalam bentuk pernyataan-pernyataan ataupun dokumen-dokumen.

Tautan :
Lihat entri hyperlink.

Teras berita (lead) :
Paragraf pertama dalam berita.

‘Thread Berita’ :
Lihat entri “news thread

Truth, journalistic truth :
Memberitakan dengan benar; proses journalisme yang ditandai dengan disiplin profesional dalam mengumpulkan, menyusun, dan memverifikasi fakta-fakta.

No entry yet

Verifikasi :
Metode jurnalis untuk mengetes suatu data dan informasi yaitu dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi dari beragam sumber, menunjukkan secara transparan sumber-sumber tersebut, dan meminta beragam sisi komentar untuk suatu peristiwa atau topik. Verifikasi membedakan kerja jurnalistik dari propaganda, periklanan, fiksi, maupun hiburan.

No entry yet

No entry yet

No entry yet

No entry yet