Tim Riset

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

kuskridho

Kuskridho Ambardi, MA, Ph.D.

Akrab disapa sebagai “Dodi”, beliau adalah penulis buku Kuasa Rakyat (bersama Saiful Mujani dan R. William Liddle) yang diterbitkan Beranda Hikmah pada 2012.

Dodi meraih gelar Master of Arts dari the College of Communication, the Ohio State University (OSU) pada 2000 dengan beasiswa Fulbright. Segera setelah menamatkan pendidikan master, Dodi mendapatkan beasiswa dari universitas yang sama untuk pendidikan doktoral selama 2000-2004. Sebelum kembali ke Indonesia, beliau sempat mengajar di Departement of Political Science di College of Behavioral Science, OSU pada 2004-2008.

Disertasi doktoral Dodi yang berjudul “The Making of the Indonesian Multiparty System: A Cartelized Party System and Its Origin” menarik minat pemerhati kajian perilaku politik di tingkat internasional. Pada 2009, disertasi tersebut diterbitkan dalam judul Mengungkap Politik Kartel: Studi tentang Sistem Kepartaian di Era Reformasi oleh LSI dan KPG. Selain dikenal publik sebagai Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI), Dodi merupakan staf pengajar di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM. Beliau menaruh minat pada perilaku politik, partai politik, komunikasi politik, dan jurnalisme.

Dodi pernah menjadi wartawan Bernas pada 1989-1990. Minat jurnalisme tersebut beliau pelihara melalui berbagai riset pada beberapa tahun terakhir, juga melalui situs ini.


adam

Adam Wijoyo Sukarno, SIP, MA

Adam Wijoyo Sukarno, SIP, MA menulis artikel “Pergeseran Frame Liputan Terorisme” dalam buku Industri dan Politik Media Indonesia (2014). Dalam Jurnal Sosial Politik, Adam juga menulis “Dilema Peliputan Terorisme” pada 2011. Terorisme memang menjadi salah satu isu yang diminati oleh Adam.

Tak hanya terorisme, Adam mengaitkan isu konflik dan bencana dengan fenomena kontemporer pada level media maupun komunikasi organisasi dan sosial dalam berbagai riset dan program.

Bersama INPEDHAM dan Lembaga Informasi Nasional (LIN), Adam melakukan studi potensi konflik di Jayapura pada 2004. Pada 2005, Adam terlibat bersama INPEDHAM dan Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat untuk melakukan studi radikalisme sebagian umat Islam di Sleman.

Keakrabannya dengan lingkungan Papua dan keahlian komunikasi organisasi membuat Adam kembali terlibat pada beragam proyek tata kelola pemerintahan di Papua yang diselenggarakan oleh CFL Indonesia dan Partnership sepanjang 2011. Kesiapan komunikasi warga dalam bencana menjadi fokus Adam dan timnya pada program pengabdian masyarakat yang bersifat interdisipliner sepanjang 2010-2014 di berbagai wilayah di DIY dengan dukungan dari UGM.

Adam menulis tesis berjudul “Surat Kabar Daerah dan Kekuasaan: Critical Discourse Analysis Berita Keistimewaan Yogyakarta di Kedaulatan Rakyat dan Radar Jogja.” Tesis itu ditulisnya untuk meraih gelar masternya dari Prodi S2-Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi (JIK) UGM pada 2011. Berkat keterampilan Adam menganalisis isi media, Adam terlibat sebagai fasilitator pada pelatihan analisis media yang diselenggarakan CFL Indonesia dan Yayasan TIFA pada 2012.

Selain telah menulis banyak artikel untuk jurnal-jurnal akademik, Adam telah menulis esai-esai berbagai topik pada beragam surat kabar lokal DIY.


gilang

Gilang Desti Parahita, SIP, MA

Gilang mendapat gelar masternya dari Prodi S2-Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM pada awal 2015. Ia menulis tesis berjudul “Majalah Tempo Mengungkit Tragedi Silam: Pergeseran Frame dan Ideologi Berita Retrospektif terkait Peristiwa 1965 di Tempo Orde Baru dan Reformasi”. Pembimbing tesisnya adalah Kuskridho Ambardi, MA, Ph.D.

Jurnalisme sudah menjadi minat utama Gilang sejak menempuh pendidikan S1 di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM. Selain pernah menjadi penggiat di Persma BALAIRUNG selama beberapa tahun, Gilang mengangkat topik “representasi akulturasi Tionghoa-Jawa di Harian Bernas” sebagai skripsi.

Gilang yang pernah bekerja di Pusat Studi Sosial Asia Tenggara itu menerbitkan reportase profil seorang perempuan penyiar radio dan penikmat hiburan malam berjudul “Tuhan di Dunia Gemerlapku” . Esai profil yang menjadi representasi kehidupan sebagian muda-mudi Yogyakarta itu diterbitkan oleh IMPULSE-Kanisius pada 2008.

Aktif di berbagai konferensi akademik nasional dan internasional, sejak 2014, Gilang dipercaya untuk menjadi Country Representative of Asian Communication and Media Congress for Indonesia. Selain bekerja di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM sebagai asisten peneliti dan pengajar, Gilang masih aktif sebagai anggota Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) DIY, organisasi yang mewadahi aktivitas pengabdian masyarakat para eks-pemuda pertukaran antar negara. Pada 2006, Gilang adalah representatif dari DIY untuk Australia-Indonesia Youth Exchange Program.


lisa

Lisa Lindawati, SIP, MA

Sebagai peminat jurnalisme sekaligus isu-isu kewargaan dan kepemudaan, Lisa Lindawati SIP, MA tidak hanya menjadi peraih beragam penghargaan di bidang pengembangan Karang Taruna tingkat lokal dan nasional, melainkan juga mengangkat topik tentang “Komunikasi Pembangunan dan Kemandirian Desa di Banyumas” utuk tesisnya pada 2012.

Adaptasi tesis tersebut menjadi artikel artikel ilmiah diganjar oleh ASPIKOM sebagai makalah terbaik pada Konferensi Nasional Komunikasi ASPIKOM di Batam pada 2014. Versi pendek hasil riset tesis dan terjemahan bahasa Inggris-nya juga menjadi salah satu artikel pada monograf yang diterbitkan Asian Media Information and Communication Center (AMIC) pada 2013.

Minat Lisa pada media baru sudah nampak pada skripsinya yang berjudul “New Media and Public Sphere : Analisis Isi Komunitas Maya Kaskus.Com dan Kualitas Deliberasi” pada 2009. Segera setelah lulus dari S1, Lisa diterima menjadi asisten peneliti di Jurusan Ilmu Komunikasi (JIK) FISIPOL UGM. Dengan beasiswa Dikti, Lisa melanjutkan S2 di Prodi S2-Komunikasi UGM dan lulus pada 2012 dengan predikat cum laude dan IPK tertinggi (3,92 dari skala 4).

Berbagai karya akademik Lisa mengenai jurnalisme warga dan komunikasi pembangunan dalam perspektif media baru terbit di beragam jurnal dan prosiding, mapun menjadi salah satuu artikel dalam buku terbitan FISIPOL.